rakornas iatta

KedaiPena.Com – Indonesia Adventure Travel Trade Association (IATTA) menggelar rapat di Hotel Allia, Pecenongan, Jakarta Pusat, pada Jumat (30/11/2018).

Rakornas ini sendiri merupakan yang pertama dan digelar dalam rangka penyusunan kesepahaman pengembangan wisata petualangan.

Ketua Umum IATTA Cahyo Alkantana mengatakan bahwa digelarnya rakornas ini bertujuan untuk ajang koordinasi dan penyelarasan program-program yang akan dijalankan di tahun 2019.

Upaya ini, kata dia, sangat relevan dengan apa yang menjadi tujuan IATTA pada saat didirikan yaitu agar Indonesia sebagai surga dan barometer dalam industri wisata petualangan dunia.

“Yang mengedepankan pembangunan ekonomi berbasis masyarakat dan pemanfaatan alam yang berkelanjutan,” tutur dia pada saat acara.

Rakornas ini, lanjut dia, juga untuk menyatukan misi IATTA yaitu menjadi mitra dalam mewakili suara dan kepentingan industri wisata petualangan agar tercipta wisata petualangan Indonesia yang berkelanjutan.

“Menjadi wadah untuk berbagi pengalaman bagi pelaku industri petualangan,” ujar dia.

Selain itu, tegas dia, agar wisata petualangan Indonesia dapat lebih dikenal oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara.

“Kita juga ingin mendorong agar wisata petualangan Indonesia berlangsung dengan mengedepankan pelestarian sumber daya alam dan peningkatan ekonomi bagi masyarakat,” tandasnya.

Dalam rakornas tersebut sejumlah pengurus dan anggota IATTA diberikan materi ‘digital marketing’, ‘financial technology’ atau ‘fintech’ hingga asuransi pariwisata oleh para ahli di bidangnya.

Laporan: Muhammad Hafidh

Sumber : kedaipena.com